kaligrafi

بسم الله الرحمن الرحيم

Digital clock

Sunday, April 14, 2013

manfaat hati sapi


Manfaat Hati Sapi, ternyata sangat baik untuk calon bayi,karena mengandung asam folat yang tinggi. Apa itu ASAM FOLAT?
Asam folat (bahasa Inggrisfolic acid, folate, folacin, vitamin B9,[1] vitamin BC, pteroyl-L-glutamic acid, pteroyl-L-glutamate, pteroylmonoglutamic acid) adalah vitamin yang larut air. Vitamin B9 sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine. Vitamin ini terutama penting pada period pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan Asam Folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.[2] Folat dan asam folat mendapatkan namanya dari kata latin folium (daun)
Asam Folat juga sangat penting bagi wanita hamil. Asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan akan mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defects) NTDs pada bayi, yaitu spina bifida (kelainan pada tulang belakang) dan anencephaly (kelainan dimana otak tidak terbentuk). Dengan asupan asam folat yang cukup pada masa sebelum dan selama kehamilan yaitu sekitar 0.4 - 0.8 mg per hari, risiko timbulnya NTDs pada bayi dapat diturunkan hingga 80 %.[3]
Wanita yang berencana hamil perlu mengonsumsi asam folat secara cukup, minimal 4 bulan sebelum kehamilan karena kekurangan asam folat berisiko bayi lahir dengan cacat pada sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf (Neural Tube Deffect). (wikipedia.com).
Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
يتكفؤها الجبار يبده، كما يتكفأ أحدكم خبزته في السفر نزلا لأهل الجنة. فأتى رجل من اليهود، فقال: بارك الرحمن عليك ياأبا القسم، ألا أخبرك بنزل أهل الجنة يوم القيمة ؟ قال بلى… ثم قال ألا أخبرك بإدامهم ؟ بلام والنون. قالوا وما هذا ؟ قال ثور ونون، يأكل من زائدة كبدهما سبعون ألفا
“… Allah menggenggamnya dengan tangannya, seperti salah seorang dari kalian menggenggam rotinya di kala safar sebagai jamuan bagi penduduk surga.” Datanglah seorang Yahudi lalu mengatakan, “Semoga Ar Rahman memberkahimu wahai Abul Qosim (Nabi Muhammad), maukah engkau aku beri tahu mengenai jamuan penduduk surga pada hari kiamat? Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tentu saja.” … Yahudi melanjutkan “Maukah engkau aku kabarkan lauk-pauk mereka (penduduk surga)? Dengan sapi dan ikan” Rasulullah dan para sahabat mengatakan, “Apakah lauk-pauk mereka?” Yahudi menjawab, “Sapi dan ikan, penduduk surga memakan bagian yang paling nikmat seperti hati sapi dan ikan, bahkan lebih nikmat 7000 kali lipat.” (Misykatul Mashobih, 18:136)



Kurang Asam Folat Sebabkan Bayi Cacat

7/15/2008 | Baca : 2604 | Komentar : 0
Menurut beberapa penelitian, kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkannya. Bayi dapat mengalami cacat pada otak dan sumsum tulang belakang, karena asam folat sangat berperan untuk fungsi otak serta sumsum tulang belakang. Asam folat juga penting untuk membantu pembelahan sel, mencegah terjadinya anemia, menurunkan risiko terjadinya neural tube defects, serta sebagai anti depresan.
Seringkali para ibu tidak mengetahui dirinya kekurangan asam folat karena sebagian besar kehamilan terjadi tanpa direncanakan. Kebanyakan pasangan suami istri tidak pernah merencanakan kehamilan, tahu-tahu si ibu langsung hamil setelah telat datang bulan. Mereka baru datang dan konsultasi ke dokter setelah positif hamil beberapa minggu. Karena itu, ibu pun sering tidak membekali dirinya dengan gizi yang mencukupi ketika mulai mengalami kehamilan. Padahal, kebutuhan asam folat untuk ibu hamil harus disiapkan sejak sebelum kehamilan.
Di Indonesia, jumlah angka kematian bayi masih relatif tinggi dan kematian bayi tersebut belum diidentifikasi apa saja penyebabnya karena belum ada data yang mencukupi. Diduga salah satu penyebab terjadinya kematian bayi adalah kekurangan asam folat.
Kekurangan asam folat dapat menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi dengan berat badan rendah, Down's Syndrome, dan keguguran. Selain itu, bayi dapat juga mengalami kelainan pada pembuluh darah. Gangguan lainnya dapat berupa bayi mengalami gangguan buang air besar dan gangguan buang air kecil, anak tidak mampu untuk berjalan tegak, dan emosinya cenderung menjadi tinggi. Pada anak perempuan, saat ia dewasa biasanya tidak mengalami menstruasi. Sedangkan pada ibu hamil, kekurangan asam folat dapat menyebabkan meningkatnya risiko anemia dengan gejala mudah lelah, letih, lesu, dan pucat.
Contoh sumber makanan yang mengandung asam folat yaitu hati sapi, brokoli, jeruk, bayam, dan sebagainya. Roti dan susu juga mengandung asam folat cukup tinggi, sebab kini susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat. Hanya saja hati sapi mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Pemberian vitamin A pada ibu hamil sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan. Oleh sebab itu, ibu hamil yang mengonsumsi hati sapi dapat menggantinya dengan minum susu. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan usia subur adalah sekitar 400 mikrogram/ hari yang setara dengan dua gelas susu. Mengonsumsi asam folat sebenarnya tidak hanya ketika ibu sedang hamil, tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan.

No comments:

Post a Comment

Followers